History

Proin dui sodales imperdi sit sapien fames ac luctus
May 9, 2014
Ternak-Lele-Biofloc
Founder
August 21, 2014
Buku-Pelatihan-Budidaya-Lele

BIOFLOC-165
Industrialisasi Perikanan Budidaya Menuju Kedaulatan Pangan Bangsa

Buku-Pelatihan-Budidaya-Lele

Oleh Legisan S Samtafsir M.Ag
Direktur PT Agro165 Nusantara Jaya
(Pengelola P2MKP Farm-165)

Saat ini penduduk dunia berjumlah 7 miliar. Sebagian yang 250 juta tinggal di Indonesia dan setiap tahun bertambah 5 juta orang. Tentu, tantangan utamanya adalah kecukupan pangan, yang bersumber dari pertanian, peternakan dan perikanan. Tantangan ini semakin berat karena daya dukung bumi untuk menopang pertumbuhan itu, semakin terbatas. Seperti fluktuatifnya perubahan cuaca akan menjadi hambatan besar bagi proses produksi, juga menurunnya kualitas dan kuantitas lahan pertanian karena alih fungsi lahan ke sektor industri, serta menurunnya hasil tangkapan ikan laut.

Bagi bangsa Indonesia, fakta ini semakin krusial dan menuntut kita untuk peduli melakukan program yang solutif. Khusus berkaitan dengan perikanan, perlu terobosan teknologi budidaya, yang mampu berproduksi berlipat ganda dalam lahan sempit, ramah lingkungan, tidak tergantung perubahan cuaca, menghasilkan kualitas ikan yang sehat, bisa dijalankan secara lebih efektif dan efisien, serta bisa menarik kaum generasi muda untuk menekuninya.

Di sisi lain diperlukan terobosan peningkatan kualitas SDM, yang harus transform dari mentalitas petani menjadi entreprenuer, dari cara budidaya yang hanya mengandalkan alam menjadi cara budidaya berbasis teknologi, dari mentalitas tukang ikan menjadi pengusaha perikanan, dan dari importir menjadi ekportir. Transformasi ini urgent dilakukan mengingat persaingan global semakin yang kuat. Dalam kaitan dengan transformasi inilah, diperlukan program pelatihan, pendampingan, akses modal dan perluasan akses pasar.

Oleh karenanya pengembangan bisnis perikanan budidaya tidak cukup hanya bertumpu pada perbaikan sistem dan teknologi budidayanya, tetapi juga harus pada sikap mental SDM-nya. Dengan kata lain, diperlukan penggabungan antara teknologi budidaya dengan sikap mental sekaligus. Ancangan project Biofloc-165 adalah upaya untuk menjawab tantangan di atas. Biofloc adalah inovasi teknologi budidaya, yang relevan dan efektif, yang bahkan dipandang akan menjadi alternatif teknologi budidaya masa depan, sedangkan ‘165‘ adalah simbol dari prinsip-prinsip pembentukan kualitas sikap mental SDM yang mampu menyatukan antara akal dan hati.

Apabila, sistem biofloc mengharuskan disiplin teknologi (standart operating procedure) yang tertatur dan terukur, seperti dosis dan cara penggunaan probiotik, garam, molasses, serta kesesuaian PH dan salinitas air, maka pelaksanaan SOP sistem tersebut pun memerlukan disiplin orangnya. Inilah yang disebut disiplin budidaya. Dengan kata lain, Biofloc-165 adalah integrasi antara disiplin teknologi dengan disiplin budidaya sekaligus.

Dalam model Biofloc-165 ini, usaha perikanan budidaya tidak sekedar memelihara dan menghasilkan ikan, tetapi juga membangun (dan dibangun di atas) misi, visi dan nilai-nilai spiritual dalam pelaksanaannya. Pembudidaya tidak sekedar bekerja menghasilkan ikan, tetapi harus memiliki integritas pada kebenaran, memiliki misi kemanusiaan dan kearifan ekologi dan juga membangun visi besar kedaulatan pangan bangsa. Dalam kesehariannya, pembudidaya harus menguasai SOP teknologi biofloc dan memiliki kesadaran spiritualitas sekaligus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *